Bagikan kesini yaaaa

Bookmark and Share
Dan berilkut ini penjelasan tentang lisensi linux
Linux ditulis dan didistribusikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU yang berarti kode sumbernya secara bebas-didistribusikan dan tersedia untuk masyarakat umum.



LISENSI PUBLIK UMUM GNU
Version 2, Juni 1991
Copyright (C) 1989, 1991 Free Software Foundation, Inc
675 Massa Ave, Cambridge, MA 02139, USA
Semua orang diperbolehkan untuk menyalin dan mendistribusikan salinan sama persis dari dokumen lisensi ini, tetapi mengubahnya tidak diperbolehkan.



Mukadimah
Lisensi untuk perangkat lunak dirancang untuk merebut kebebasan anda dan mengubahnya. Sebaliknya, Lisensi Publik Umum GNU dimaksudkan untuk menjamin kebebasan anda untuk berbagi dan mengubah perangkat lunak bebas - untuk memastikan perangkat lunak tersebut tetap bebas bagi semua pengguna yang. Lisensi Publik Umum ini berlaku untuk sebagian besar dari Free software Foundation perangkat lunak dan program lain apa pun yang penciptanya mau menggunakannya. (Beberapa Free Software Foundation software dicakup oleh GNU Library General Public License, bukan Anda.) Dapat memberlakukannya terhadap program Anda juga.
Ketika kita berbicara tentang perangkat lunak bebas, kita mengacu kepada kebebasan, bukan harga. Lisensi Publik Umum kami dirancang untuk memastikan bahwa Anda memiliki kebebasan untuk mendistribusikan salinan dari perangkat lunak bebas (dan biaya untuk layanan ini jika Anda mau), mendapatkan source code atau bisa mendapatkannya jika Anda mau, Anda dapat mengubah perangkat lunak atau menggunakan bagian dari itu dalam program-program gratis yang baru, dan Anda tahu bahwa Anda dapat melakukan semua hal.
Untuk melindungi hak-hak Anda, kami perlu membuat batasan-batasan yang melarang orang lain untuk menolak hak-hak Anda atau membuat Anda menyerahkan hak-hak. Pembatasan ini diterjemahkan menjadi beberapa tanggung jawab bagi Anda jika Anda mendistribusikan salinan dari perangkat lunak, atau jika Anda memodifikasinya.
Misalnya, jika Anda mendistribusikan salinan dari suatu program, baik secara gratis atau dengan biaya, Anda harus memberikan semua hak penerima yang Anda miliki. Anda harus memastikan bahwa mereka juga menerima atau bisa mendapatkan source code. Dan Anda harus menunjukkan mereka istilah-istilah ini sehingga mereka tahu hak-hak mereka.
Kami melindungi hak-hak Anda dengan dua langkah: (1) hak cipta perangkat lunak, dan (2) menawarkan Lisensi ini yang memberi Anda izin legal untuk menyalin, mendistribusikan dan / atau memodifikasi perangkat lunak.
Juga, untuk masing-masing penulis dan perlindungan kita, kita ingin memastikan bahwa semua orang mengerti bahwa tidak ada garansi bagi perangkat lunak bebas. Jika perangkat lunak tersebut dimodifikasi oleh orang lain dan didistribusikan, kami ingin sang penerimanya mengetahui bahwa apa yang mereka miliki tidak asli, sehingga masalah apa pun diperkenalkan oleh orang lain tidak mencerminkan asli 'penulis reputasi.
Akhirnya, program bebas apa pun terancam terus menerus oleh hak paten software. Kami ingin menghindari bahaya yang memungkinkan redistributor program bebas bisa mendapatkan hak paten, di membuat efek program berpemilik. Untuk mencegah hal ini, kami telah menyatakan dengan jelas bahwa hak paten apa pun harus dilisensikan untuk secara bebas menggunakan itu semua orang atau tidak berlisensi sama sekali.
The tepat syarat dan kondisi untuk menyalin, mendistribusikan dan memodifikasi.


LISENSI GNU PERSYARATAN UMUM DAN KETENTUAN UMUM UNTUK COPYING, DISTRIBUSI DAN MODIFIKASI
0. Lisensi ini berlaku pada program atau karya lain yang memuat pemberitahuan yang ditempatkan oleh pemegang hak cipta memberitahukan bahwa tersebut boleh didistribusikan menurut ketentuan Lisensi Publik Umum ini. Program "", di bawah, mengacu pada program atau karya seperti, dan "karya berdasarkan si Program" berarti si Program atau karya turunan apa pun di bawah hukum hak cipta: yang artinya, suatu karya yang memuat si Program atau bagian dari itu, baik itu sama persis atau dengan modifikasi dan / atau diterjemahkan ke bahasa lain. (Selanjutnya, penerjemahan dimasukkan tanpa batas dalam ketentuan "modifikasi" sebagai. Setiap) lisensi ini ditujukan "Anda".
Kegiatan selain menyalin, mendistribusikan dan memodifikasi tidak dilingkupi oleh Lisensi ini, mereka berada di luar ruang lingkup. Kegiatan menjalankan si Program tidak dibatasi, dan keluaran dari si Program dilingkupi hanya jika isinya mempunyai dasar karya yang berbasis si Program tersebut (terlepas dari keluarannya dibuat dengan cara menjalankan program tersebut). Apakah itu benar tergantung pada apa Program tidak.
1. Anda dapat menyalin dan mendistribusikan salinan sama persis dari yang kode sumber Program sebagaimana Anda menerimanya, dalam medium apapun, asalkan anda jelas dan sepatutnya pada setiap salinan pemberitahuan hak cipta dan penyangkalan terhadap garansi; tetap utuh semua pemberitahuan yang mengacu kepada Lisensi ini dan tidak adanya jaminan, dan memberi kepada penerima lainnya dari Program salinan dari Lisensi ini bersama dengan Program.
Anda boleh memberi harga untuk kegiatan memindahkan salinan secara fisik, dan Anda mungkin di garansi sesuai pilihan Anda, menawarkan perlindungan dengan imbalan biaya.
2. Anda boleh memodifikasi satu atau lebih salinan dari Program atau bagian darinya, sehingga membentuk suatu karya berdasarkan si Program, dan menyalin serta mendistribusikan modifikasi atau karya seperti di bawah ketentuan dari Bagian 1 di atas, dengan syarat Anda juga memenuhi semua persyaratan ini :
a) Anda harus membuat agar file yang termodifikasi membawa pemberitahuan menyolok yang memberitahukan bahwa Anda telah mengubah file dan tanggal perubahan tersebut.b) Anda harus menghasilkan karya yang Anda sebarkan atau edarkan, baik seluruhnya atau sebagian atau di hasilkan dari suatu program atau dari berbagai bagian, untuk dilisensikan secara keseluruhan tanpa biaya kepada semua pihak ketiga di bawah Lisensi .
c) Jika program yang dimodifikasi dapat membaca perintah interaktif ketika berjalan, Anda harus dapat mewujudkannya, saat memulai menjalankan sesuatu interaktif dengan cara yang paling biasa, untuk mencetak atau menampilkan suatu pengumuman termasuk pemberitahuan hak cipta dan pemberitahuan bahwa ada tidak ada jaminan (atau lainnya, yang mengatakan bahwa Anda menyediakan garansi,) dan pemakai boleh mengedarkan program tersebut berdasarkan suatu kondisi, dan memberitahu pengguna cara melihat salinan dari Lisensi ini. (Pengecualian: Jika program itu sendiri adalah interaktif tapi tidak mencetak pengumuman tersebut, karya Anda yang berdasarkan program tersebut juga tidak diharuskan mencetak pemberitahuan tersebut.)
Persyaratan ini berlaku untuk karya yang dimodifikasi secara keseluruhan. Jika bagian yang dapat diidentifikasi dari karya tersebut tidak berasal dari suatu program, dan dapat dinyatakan independen dan terpisah bekerja dalam diri mereka, maka Lisensi ini, dan istilahnya, tidak berlaku untuk bagian tersebut saat Anda mengedarkannya sebagai suatu karya yang terpisah. Tapi, saat Anda mengedarkan bagian yang sama sebagai bagian dari keseluruhan yang merupakan hasil kerja berdasarkan program tersebut, distribusi keseluruhan harus dengan ketentuan dalam Lisensi ini, yang perizinannya untuk lisensi yang lain diperluas ke seluruhnya, dan dengan demikian masing-masing dan setiap bagian tidak peduli siapa yang menulis itu. Jadi, itu bukanlah tujuan dari bagian ini untuk mengklaim hak atau kontes hak Anda untuk bekerja menulis seluruhnya oleh Anda; daripada, tujuannya adalah untuk melatih hak untuk mengendalikan pendistribusian dari turunan atau kolektif bekerja berdasarkan program tersebut.
Selain agregasi belaka, dari karya yang lain tidak berdasarkan dari si Program dengan si Program (atau dengan suatu karya berdasarkan si Program) pada kapasitas penyimpanan atau media pendistribusian tidak membawa karya lainnya di bawah lingkup dari Lisensi ini.
3. Anda dapat menyalin dan mendistribusikan Program (atau karya yang berbasis di atasnya, berdasarkan Bagian 2) dalam object code atau bentuk yang dapat dijalankan di bawah ketentuan dari Bagian 1 dan 2 di atas dengan syarat bahwa Anda juga melakukan salah satu dari berikut ini:
a) Menyertakannya dengan mesin-dibaca kode sumber yang lengkap, yang harus didistribusikan di bawah ketentuan dari Bagian 1 dan 2 di atas pada medium yang dipergunakan untuk perangkat lunak pertukaran, atau,b) Menyertakannya dengan penawaran tertulis, yang berlaku untuk setidaknya tiga tahun, untuk memberi pihak ketiga, dengan harga yang tidak melebihi biaya untuk melakukan pendistribusian sumber, salinan mesin-dibaca lengkap sesuai kode sumber, untuk didistribusikan di bawah ketentuan dari Bagian 1 dan 2 di atas pada medium yang dipergunakan untuk perangkat lunak pertukaran, atau,
c) Menyertakannya dengan informasi yang Anda terima berhubungan dengan penawaran untuk mendistribusikan source code yang bersangkutan. (Alternatif ini diperbolehkan hanya untuk distribusi non-komersial dan hanya jika Anda memperoleh program dalam object code atau bentuk yang dapat dijalankan dengan penawaran seperti yang telah disebutkan, menurut Subbagian b di atas.)
Kode sumber dari sebuah karya berarti bentuk yang diinginkan dari pekerjaan untuk memodifikasinya. Untuk sebuah karya executable, source code lengkap artinya semua source code untuk semua modul yang dikandungnya, ditambah definisi antarmuka file yang terkait, ditambah script yang digunakan untuk mengendalikan kompilasi dan instalasi dari executable. Namun, sebagai pengecualian, pendistribusian source code tidak diperlukan untuk memasukkan semua komponen yang biasanya didistribusikan (dalam bentuk source atau biner) bersama dengan komponen utama (kompilator, kernel, dan sebagainya) dari sistem operasi dimana program tersebut berjalan, kecuali komponen tersebut mendampingi bentuk yang dapat dieksekusi.
Jika distribusi atau kode objek yang dapat dieksekusi dibuat dengan penawaran akses untuk menyalin dari tempat yang telah ditentukan, maka penawaran akses untuk menyalin source code dari tempat yang sama dihitung sebagai pendistribusian dari source code, walaupun pihak ketiga tidak dipaksa untuk menyalin source bersama dengan kode obyek.
4. Anda tidak boleh menyalin, memodifikasi, mensublisensikan, atau mendistribusikan si Program tersebut kecuali sebagaimana telah disediakan di bawah Lisensi ini. Segala usaha untuk menyalin, memodifikasi, atau mendistribusikan mensublisensikan Program tersebut adalah tidak sah, dan secara otomatis mengakhiri hak Anda berdasarkan Lisensi ini. Namun, pihak yang telah menerima salinan, atau hak dari Anda berdasarkan Lisensi ini tidak akan diakhiri lisensinya begitu lama pihak-pihak tersebut tetap mematuhinya secara penuh.
5. Anda tidak diharuskan menerima Lisensi ini, karena anda belum menyetujuinya. Namun, tidak ada lisensi lain yang memberi anda izin untuk memodifikasi atau mendistribusikan Program tersebut atau turunannya. Tindakan ini dilarang oleh hukum jika Anda tidak menerima Lisensi ini. Oleh karena itu, dengan memodifikasi atau menyalurkan Program (atau bekerja berdasarkan Program tersebut), berarti Anda menerima Lisensi ini untuk melakukannya, dan semua ketentuan serta kondisi untuk menyalin, mendistribusikan atau memodifikasi program tersebut atau bekerja berdasarkan itu.
6. Setiap kali anda mendistribusikan si Program (atau hasil kerja berdasarkan program tersebut), penerima secara otomatis menerima lisensi dari pemberi lisensi untuk menyalin, mendistribusikan atau memodifikasi si Program tersebut berdasarkan persyaratan dan kondisi. Anda tidak dapat mengenakan pembatasan lebih lanjut tentang penerima melaksanakan hak yang diberikan di sini. Anda tidak bertanggung jawab untuk memaksakan penyesuaian pihak ketiga terhadap Lisensi ini.
7. Jika, sebagai konsekuensi dari keputusan pengadilan atau pelanggaran paten atau karena alasan lainnya (tidak terbatas kepada permasalahan paten), kondisi yang dikenakan pada Anda (baik oleh perintah pengadilan, kesepakatan atau lainnya) yang berbeda dari Lisensi ini, mereka tidak alasan Anda dari kondisi Lisensi ini. Jika Anda tidak bisa menyebarkan agar dapat secara simultan untuk memenuhi kewajiban Anda berdasarkan Lisensi ini dan kewajiban kesepakatan yang lainnya, kemudian sebagai konsekuensi nya kita tidak dapat mengedarkan seluruh program sama sekali. Sebagai contoh, jika lisensi paten tidak membolehkan redistribusi bebas royalti dari Program oleh semua orang yang menerima salinan langsung atau tidak langsung dari Anda, maka satu-satunya cara Anda bisa memuaskan baik dan Lisensi ini adalah untuk menjelaskan keseluruhan distribusi program.
Jika ada bagian dari bagian ini adalah tidak sah atau tidak dapat diterapkan di bawah keadaan tertentu apa pun, keseimbangan dari bagian ini bertujuan untuk menerapkan dan bagian ini sebagai keseluruhan adalah diperuntukkan untuk menerapkan hal yang lainnya.
Ini bukanlah tujuan dari bagian ini untuk mempengaruhi Anda untuk melanggar paten atau hak milik klaim lain atau untuk mengadu keabsahan klaim tersebut; bagian ini mempunyai maksud dan tujuan untuk melindungi integritas dari sistem pendistribusian perangkat lunak bebas, yang dilaksanakan oleh praktek lisensi publik. Banyak orang telah membuat kontribusi umum untuk berbagai perangkat lunak yang didistribusikan melalui sistem ketergantungan pada aplikasi sistem yang konsisten; terserah pencipta / penderma jika ia bersedia untuk mendistribusikan perangkat lunak melalui sistem lain dan pemegang lisensi tidak dapat menentukan pilihan tersebut.
Bagian ini dimaksudkan untuk membuat sebuah pemahaman yang jelas tentang apa yang dipercayai sebagai akibat dari sisa Lisensi ini.
8. Jika distribusi dan / atau penggunaan si Program dibatasi di negara-negara tertentu saja melalui paten atau hak cipta antar muka, pemegang hak cipta asli yang menempatkan si Program di bawah Lisensi ini boleh menambahkan batasan pendistribusian geografis secara eksplisit tidak termasuk negara-negara, sehingga distribusi diijinkan hanya dalam atau di antara negara-negara dengan demikian tidak dikecualikan. Dalam kasus semacam itu, Lisensi ini menyertakan limitasi di atas sebagaimana tertulis di dalam tubuh Lisensi ini.
9. Free Software Foundation dapat menerbitkan revisi dan / atau versi baru dari General Public License dari waktu ke waktu. versi baru tersebut akan serupa semangatnya seperti versi sekarang, tapi mungkin berbeda pada detil untuk menangani masalah atau pertimbangan baru.
Setiap versi diberikan nomor versi yang dapat dibedakan. Jika si Program menyatakan nomor versi dari Lisensi ini yang berlaku untuk itu dan "versi nanti", Anda memiliki pilihan untuk mengikuti syarat dan kondisi dari versi atau versi kemudian diterbitkan oleh Free Software Foundation. Jika Program tidak menyatakan nomor versi dari Lisensi ini, Anda boleh memilih sembarang versi yang diterbitkan oleh Free Software Foundation.
10. Jika Anda menginginkan untuk menyertakan bagian dari Program ke dalam program bebas yang lain yang kondisi distribusinya berbeda, menulis kepada penulis untuk meminta izin. Untuk software yang dilindungi hak cipta oleh Free Software Foundation, tulis ke Free Software Foundation; kita terkadang membuat pengecualian untuk ini. Keputusan kami akan dituntun oleh dua hal yaitu untuk menjaga status bebas dari semua turunan perangkat lunak bebas kami dan untuk mempromosikan berbagi dan penggunaan kembali dari perangkat lunak secara umum.


TIDAK ADA JAMINAN
11. KARENA PROGRAM berlisensi FREE OF CHARGE, TIDAK ADA JAMINAN UNTUK PROGRAM, SEJAUH YANG DIPERBOLEHKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU. KECUALI KETIKA dinyatakan lain dalam TULISAN PEMEGANG HAK CIPTA ATAS DAN / ATAU PIHAK LAIN YANG MEMBERIKAN PROGRAM "SEBAGAIMANA ADANYA" TANPA JAMINAN DARI JENIS APAPUN, BAIK TERSURAT ATAU TERSIRAT, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN TERSIRAT DARI YANG DIPERDAGANGKAN DAN KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU . SEBAGAI KESELURUHAN ATAS RISIKO ATAS KUALITAS DAN KINERJA DARI PROGRAM ADALAH DENGAN ANDA. HARUS MEMBUKTIKAN PROGRAM cacat, Anda menganggap BIAYA PELAYANAN DARI SEMUA PERLU, PERBAIKAN ATAU KOREKSI.
12. IN NO EVENT KECUALI DIBUTUHKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU ATAU MENYETUJUI MENULIS DI ATAS AKAN Setiap pemegang HAK CIPTA, ATAU PIHAK LAIN YANG MUNGKIN modifikasi dan / atau mendistribusikan si Program SEBAGAI DIPERBOLEHKAN DI ATAS, ANDA BERTANGGUNG JAWAB ATAS UNTUK KERUSAKAN, TERMASUK APAPUN UMUM, KHUSUS, INSIDENTAL ATAU KERUSAKAN AKIBAT YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN PROGRAM (TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA KEHILANGAN DATA ATAU DATA MENJADI diberikan tidak akurat atau KERUGIAN ATAU ANDA ditopang oleh PIHAK KETIGA ATAU KEGAGALAN PROGRAM UNTUK BEROPERASI DENGAN PROGRAM APAPUN LAINNYA), BAHKAN JIKA Holder ATAU PIHAK LAIN TERSEBUT TELAH DIBERITAHUKAN TENTANG KEMUNGKINAN KERUSAKAN TERSEBUT.


AKHIR SYARAT DAN KONDISILampiran: Cara Mendaftar Ketentuan ke Program Baru Anda
Jika Anda mengembangkan suatu program baru, dan Anda ingin menjadi penggunaan kemungkinan terbesar kepada publik, cara terbaik untuk mencapai ini adalah untuk membuat perangkat lunak bebas yang setiap orang dapat mendistribusikan kembali dan mengubah di bawah istilah-istilah ini.
Untuk melakukannya, melampirkan pemberitahuan berikut ke program tersebut. Hal ini paling aman untuk melampirkannya ke awal dari setiap file sumber yang paling efektif untuk menyampaikan pengecualian garansi, dan setiap file minimal yang harus dimiliki hak cipta "" baris dan pointer ke mana pernyataan penuh ditemukan.
Copyright (C) 19yy Program ini adalah perangkat lunak bebas; Anda dapat menyebarluaskannya dan / atau memodifikasinya di bawah GNU General Public License sebagaimana dipublikasikan oleh Free Software Foundation; baik versi 2 dari Lisensi, atau (dengan pilihan Anda) versi lain.
Program ini didistribusikan dengan harapan akan berguna, tetapi TANPA ADANYA JAMINAN; tanpa jaminan yang termasuk dari DAGANGAN atau KECOCOKAN UNTUK TUJUAN TERTENTU. Lihat Lisensi Publik Umum GNU untuk lebih jelasnya.
Anda seharusnya menerima salinan dari GNU General Public License bersama dengan program ini, jika tidak, tulis ke Free Software Foundation, Inc, 675 Mass Ave, Cambridge, MA 02139 USA.
Juga menambahkan informasi tentang bagaimana menghubungi Anda secara elektronik dan surat kertas.
Jika program interaktif, membuat output pemberitahuan singkat seperti ini ketika mulai di modus interaktif:
Gnomovision versi 69, Hak cipta (C) 19yy nama penulis Gnomovision datang dengan NO; JAMINAN TIDAK untuk jenis `w rincian acara ',. ini bebas adalah perangkat lunak dan Anda dipersilahkan untuk menyebarluaskannya dalam kondisi tertentu, tipe` menunjukkan c' untuk rincian .
Perintah-perintah hipotetis `show w 'dan` menunjukkan c' harus menunjukkan bagian yang tepat dari General Public License. Tentu saja, perintah-perintah yang Anda gunakan dapat disebut sesuatu selain menunjukkan `w 'dan` menunjukkan c'; mereka bahkan bisa-klik mouse atau menu - apa pun yang sesuai dengan program anda.
Anda juga harus mendapatkan majikan Anda (jika Anda bekerja sebagai pemrogram) atau sekolah Anda, jika ada, untuk menandatangani hak cipta disclaimer "" untuk program tersebut, jika perlu. Berikut adalah sampel; mengubah nama:
Yoyodyne, Inc, dengan ini menolak semua kepentingan hak cipta dalam program `Gnomovision '(yang membuat lintasan di compiler) yang ditulis oleh James Hacker., 1 April 1989
Ty Coon, Wakil Presiden
General Public License ini tidak mengizinkan memasukkan program Anda ke dalam program-program berpemilik. Jika program Anda adalah library subrutin, Anda dapat mempertimbangkan lebih bermanfaat untuk mengizinkan aplikasi berpemilik menghubungkan dengan perpustakaan. Jika ini adalah apa yang ingin Anda lakukan, gunakan Perpustakaan GNU General Public License daripada Lisensi ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Bagikan kesini yaaaa

Bookmark and Share

cara membuat Jaringan Komputer

TERIMAKASIH

ATAS KUNJUNGAN MU I BLOG GUE SEMOGA DAPAT INFO YANG BERMANFAAT DISINI DAN JANGAN LUPA KUNJUNGI LAGI YUAA

Sampai Jumpa Lagi

marwannamaku translater

About Me

Foto saya
saya itu orng yang sangat baik hati kepada setiap temen2 Q, tapi jika temen ku itu meng hianati persahabatan kita ,,,,aku akan sulit untuk memaafkan nya

silahkan mengobrol


ShoutMix chat widget

Pengikut